AIR BERSIH IMPIAN WARGA LERENG MERAPI

 

AIR BERSIH IMPIAN WARGA LERENG MERAPI
AIR BERSIH IMPIAN WARGA LERENG MERAPI

Padukuhan Gondang merupakan bagian dari Desa Wukirsari Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman, beberapa waktu yang lalu merupakan dusun yang berdampak langsung atas bencana erupsi Gunung Merapi, hingga saat ini kondisinya masih belum stabil. Bencana letusan merapi telah memisahkan keluarga, kerabat, menghentikan (sementara) denyut nadi perekonomian. Kondisi merapi yang masih labil menjadikan upaya recovery belum berjalan lancar. Efek syok yang dialami sebagian besar penduduk masih membayang. kondisi ini memerlukan pendampingan sehingga tidak berkepanjangan dan memupuskan semangat hidup mereka. Bagaimanapun juga bencana bukan untuk diratapi, tetapi kenyataan yang harus dihadapi untuk ke depan bisa diantisipasi atau diminimalkan dampaknya.

Dusun yang berpenduduk sekitar 350 jiwa dan dengan kondisi wilayahnya tandus dan jauh dari sumber air,dalam kehidupan sehari hari masyarakat masih mengandalkan sebagai petani dan berkebun dalam menopang hidupnya, tentu saja akan sangat berpengaruh bila keberadaan sumber air sangatlah sulit dan hanya mengandalkan kiriman air pada saat musim hujan dan mereka menampung dengan membuat dan menyediakan tampungan air sesuai dengan kemampuan mereka sendiri sendiri, bahkan bila tampungan air sudah habis, tidak ada alternatif lain kecuali harus mengadakan dengan cara membeli air menggunakan truk tanki yang berkapasitas volumenya sekitar 6000 m3 hingga 8000m3 dan harga per truk sekitar 125 ribu rupiah hingga 150 ribu rupiah.
Dengan melihat kondisi semacam itu, maka masyarakat berupaya untuk mencari alternative penyelesaian agar kehidupannya bisa berubah lebih baik lagi.Kedatangan Program PNPM mandiri Perdesaan di wilayah itu segera disambut dengan senang dan penuh berharap, sehingga pada saat penggalian gagasan, permasalahan itu disampaikan dan mereka sepakat untuk mengusulkan kegiatan sarana prasarana berupa pengadaan Air Bersih. Usulan tersebut benar benar didukung oleh seluruh lapisan masyarakat dan tentunya dengan konsekwensi swadaya yang mereka bisa lakukan yakni swadaya tenaga kerja dan uang sesuai dengan kemampuannya masing masing, bahkan dalam mekanisme PNPM Perdesaan usulan tersebut selalu dikawal dari mulai usulan di tingkat Dusun hingga Penentuan Dana di tingkat Kecamatan, dan usaha yang mereka lakukan tidaklah sia sia dan sudah mulai nampak hasilnya yakni usulan tersebut disetujui untuk dilaksanakan dan dari dana PNPM Mandiri Perdesaan sebesar Rp.71.000.000,- sedangkan swadaya yang mereka siapkan berupa tenaga dan material bila diwujudkan dalam nilai uang berkisar Rp 64.000.000,-.
Hasil jerih payah dan semangat serta kekompakan warga masyarakat Dusun Gondang Pusung mulai memetik hasilnya yakni dengan terrealisasikannya usulan yang berupa Bak Penampung berkapasitas 32 m3 dan Perpipaan sepanjang 3019,5 m dari rencana awal perpipaan sepanjang 2130 m, sehingga dari target volume mereka bisa mengembangkan sepanjang 889,5 m suatu prestasi yang membanggakan bagi masyarakat Dusun Gondang.

Kini Mereka telah memetik hasilnya yakni tersedianya kebutuhan air yang dibutuhkan untuk kebutuhan sehari hari dan tidak usah menunggu musim penghujan tiba. Didepan rumah rumah mereka sudah terpasang kran kran air yang setiap saat bisa digunakan dan air yang mengalir cukup jernih sehingga masyarakat menjadi lebih tenang dan nyaman.
Pola fikir mereka tidak hanya terhenti sampai disitu saja, namun mereka juga berpikir bagaimana agar sarana yang sudah terbangun ini bisa dirasakan selama lamanya, sehingga terbentuklah Organisasi Pengelolaan Air Bersih yang dinamakan OPA Tirto Mulyo yang artinya “dengan air masyarakat menjadi sejahtera dalam hidupnya” dan dengan resmi organisasi ini didirikan pada tanggal 17 Agustus 2013 bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan RI dan moment tersebut dimanfaatkan untuk meresmikannya. Maksud fungsi OPA ini adalah untuk mengelola dan mendistribusikan air bersih ke warga masyarakat Dusun Gondang secara merata, adil dan proporsional.Saat ini asset yang perlu dipelihara adalah Sumber air Sumur Pompa mata air Umbul Wadon, bak air berkapasitas 32 m3, perpipaan sepanjang 3019,5 m dan sambungan SR 80 pelanggan.
Agar OPA ini tetap eksis dalam menjalankan ketugasannya dan juga para pelanggan bisa terlayani dengan baik maka dibuatlah kesepakatan antara pengelola dan pelanggan tentang hak dan kewajibannya.
Pengelola mempunyai hak dan kewajiban sebagai berikut:
Kewajiban Pengelola:

1. Bersama LPMD membuat seluruh peraturan dan ketentuan-ketentuan tantang tata kelola air bersih
2. Taat dan patuh dalam menjalankan peraturan dan ketentuan yang telah dibuat bersama LPMD
3. Bertanggungjawab terhadap keamanan aset-aset yang dimiliki dari tindakan-tindakan yang merugikan OPA Tirto Mulyo
4. Menjaga dan merawat asetaset yang dimiliki agar tetap berfungsi sebagai mana mestinya
5. Mengatur ketersediaan air dan mendistribusikan ke masyarakat secara adil
6. Membuat laporan keuangan secara periodik kepada LPMD sebagai bentuk transparansi
Hak Pengelola :

1. Memberikan teguran, peringatan, penagihan dan pemutusan sambungan ke pelanggan yang terbukti melakukan tindakan yang merugikan OPA Tirto Mulyo dan/atau lalai dalam melaksanakan kewajibannya sesuai dengan derajat kesalahannya
2. Memperoleh upah yang besarnya ditentukan bersama LPMD

Adapun kewajiban dan Hak Pelanggan adalah :

Kewajiban :

1. Setiap penyambngan baru, seluruh biaya material sambungan rumah menjadi beban pelanggan
2. Membayar iuran tarif, sesuai dengan jumlah pemakaian (sebesar Rp 3.000 /m3)
3. Tidak melakukan hal-hal yang bersifat merugikan OPA Tirto Mulyo
Hak Pelanggan :

1. Dalam kondisi alam normal, pelanggan berhak memperoleh layanan air bersih setiap hari
2. Memberi saran atau kritikan terhadappengelola dengan tujuan pelayanan yang lebih baik

PNPM Mandiri Perdesaan dalam semboyannya “ Bangga Membangun Desa” telah dibuktikan secara nyata dan dapat dirasakan oleh masyarakat secara langsung dan partisipasi masyarakat menjadi bukti yang nyata bahwa pembangunan di masyarakat bila dilaksanakan oleh masyarakat sendiri akan sangat bermanfaat bagi masyarakat karena merekalah yang tahu akan kebutuhan yang dirasakan.

Di tulis Oleh : Hamid_bedoel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.